Rakorda PKK Sumut di Medan Pj Gubernur Hassanudin Minta Terus Galakkan Pelayanan Posyandu

Pj Gubernur Sumut Hassanudin meminta TP PKK Sumatera Utara terus menggalakkan dan mengaktifkan layanan posyandu di berbagai kabupeten/kota.

topmetro.news – Pj Gubernur Sumut Hassanudin meminta TP PKK Sumatera Utara terus menggalakkan dan mengaktifkan layanan posyandu di berbagai kabupeten/kota.

Saat ini, posyandu yang aktif hanya ada sekitar 9.650 dari 15.712 jumlah keseluruhan posyandu di Sumut. Tidak aktifnya pelayanan posyandu karena terkendala Pandemi Covid-19 dua tahun lalu.

“Dengan kegiatan ini saya berpesan untuk kembali mengaktifkan pelayanan posyandu yang selama ini dibantu oleh mitra pemerintah yakni PKK. PKK ini adalah mitra yang sangat perlu diberdayakan sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri,” ucap Hassanudin saat membuka Rakorda PKK Sumut Tahun 2023 di Hotel Grand Mercure, Jalan Sutomo Nomor 1, Medan, Jumat (13/10/2023).

Hadir di antaranya Pj Ketua TP PKK Sumut Dessy Hassanudin, Kadis Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Hasmirizal Lubis, ketua beserta seluruh pengurus TP PKK kabupaten/kota se-Sumut.

Dalam Rakorda itu, Ketua TP PKK Humbahas Lidia Dosmar Banjarnahor ikut hadir dan dikukuhkan sebagai Ketua Pembina Posyandu Kabupaten Humbang Hasundutan.

Pengaktifan posyandu ini, jelas Hassanudin, untuk terus mendorong penurunan prevalensi stunting yang masih tinggi di Sumut sekitar 21,1%. Masih peringkat 19 dari provinsi lain yang ada di Indonesia.

“Kita harus fokus terus menurunkan data stunting ini. Progres kita memang terus menurun dari tahun 2019. Dan target selanjutnya kita harus menyentuh 14% angka stunting ini,” katanya.

Pengaktifan pelayanan posyandu ini juga untuk menurunkan angka kematian ibu melahirkan. Di mana Kabupaten Deliserdang masih daerah tertinggi pada kematian saat melahirkan.

“Maka dari itu posyandu ini harus digalakkan kembali yang dilaksanakan sesuai dengan kearifan lokal,” katanya.

Narkoba

Selain itu, Hassanudin juga menambahkan, perlunya dorongan ibu-ibu PKK dalam hal mengawasi keluarga dari jeratan narkoba yang saat ini juga menjadi ancaman bagi masyarakat Sumut. Di mana 1,3 juta penduduk Sumut telah terpapar narkoba.

“Narkoba adalah ancaman bagi generasi kita. Pada forum ini saya kembali berpesan dan mengajak pada ibu-ibu semua untuk memperhatikan keluarga dari bahaya narkoba,” katanya.

Sementara itu, Pj Ketua TP PKK Sumut Dessy Hassanudin berharap dengan kegiatan rakorda ini dapat membahas berbagai hal. Terutama program PKK yang sejalan dengan program pemerintah pusat, yakni 10 Program Pokok PKK Melaju Menuju Indonesia Maju.

“Saya menaruh harapan besar dengan rakorda ini akan menghasilkan nilai tambah bagi pengembangan program PKK. Kita harapkan kegiatan ini jadi ajang evaluasi bagi kinerja PKK Sumut selanjutnya,” ucap Dessy.

Soal pelayanan, Dessy mengatakan, posyandu saat ini tidak lagi hanya berperan sebagai objek pembangunan. Tetapi merupakan entitas mitra pemerintah desa dalam mendukung pembangunan yang sejalan dengan semangat otonomi desa.

“Dalam mencapai tujuan tersebut, melalui pembinaan dan sinergitas posyandu, maka perlu melakukan optimalisasi peran posyandu. Posyandu merupakan wadah dalam memberikan pelayanan kesehatan sesuai siklus hidup dan layanan sosial dasar lainnya,” katanya.

Pengukuhan

Pada kesempatan itu, Pj Ketua TP PKK Sumut juga melakukan Pengukuhan Ketua dan Pj Ketua Pembina Posyandu Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumut.

Sekedar mengingatkan, Pj Ketua TP PKK Sumut Dwianne Dessy Hassanudin bersama Ketua TP PKK Humbahas Lidia Dosmar Banjarnahor sudah mengunjungi Posyandu Dosroha Desa Pearung dan Posyandu Saroha Desa Pearung Silali Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbahas, Sabtu (7/10/2023) lalu.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment